Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

Cara Menghilangkan Keputihan Pada WanitaKeputihan disebut juga flour albus. Keputihan dikelompokkan menjadi dua. Pertama keputihan fisiologis, yaitu keputihan yang tidak disebabkan oleh penyakit namun karena perubahan faal tubuh. Kedua keputihan pathologis yaitu keputihan yang diakibatkan oleh penyakit tertentu. Keputihan fisiologis bisa timbul akibat adanya rangsangan seksual, perubahan hormonal menjelang dan sesudah menstruasi, saat kehamilan atau perubahan emosional tertentu. Misalnya, waktu ujian, sedang ada masalah atau apa saja yang bisa menimbulkan beban pikiran. Keputihan fisiologis ini tentu tidak berbahay. Biasanya juga menimbulkan keluhan kecuali rasa lembab di daerah pribadi. Sementara yang patologis di samping warnanya bisa kekuning-kuningan sampai  kehijau-hijauan biasanya juga menimbulkan rasa gatal, panas, bahkan nyeri. Cara menghilangkan keputihan pada wanita dapat dilakukan dengan cara alami. 

Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

Penyebab Keputihan

Penyebab keputihan adalah infeksi, benda asing, dan keganasan. Dengan demikian pemeriksaan laboratorium untuk menegakkan infeksi (trikomonas, kandida albikan, bakteri, spesifik) dan Pap smear untuk kemungkinan keganasan. Keputihan biasanya sangat sering terjadi pada saat-saat menjelang haid, yang ditandai dengan keluarnya cairan lendir berwarna bening atau putih kekuningan, jernih, agak encer, dan tidak berbau dari kemaluan. Kadar pengeluaran cairan keputihan ini bervariasi sesuai dengan siklus haid seseorang dan dapat meningkat akibat stress psikis (ketidakstabilan emosi). Peningkatan kadar cairan keputihan tersebut dari vagina akan membentuk suatu koagulan (endapan) putih, yang dapat menimbulkan rasa gatal dan membakar permukaan dinding vagina serta menimbulkan kemerahan dan pembengkakan atau peradangan di dinding vagina (penyakit vaginitis). Keputihan yang sudah bersifat penyakit (patologis) ini biasanya ditandai dengan tampaknya cairan yang dikeluarkan dari vagina  berwarna kuning sampai hijau, keruh, lebih kental, dan berbau. Cara menghilangkan keputihan pada wanita dengan alami adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. 

Tanda/gejala keputihan yang serius , keputihan menjadi sesuatu yang serius  apabila :

  1. Keluar cairannya berlebihan seperti menstruasi
  2. Cairannya kental dan berbau busuk
  3. Berwarna kuning hingga kehijauan
  4. Meniimbulkan rasa gatal sekitar vagina
  5. Muncul rasa panas pada vagina.

Agar keputihan tidak menimbulkan masalah yang lebih serius, sebaiknya cara menghilangkan keputihan pada wanita adalah dengan  berkonsultasi ke dokter ahl kandungan agar bisa diobati secara medis. Selain obat medis keputihan bsia juga diobati dan dicegah secara alami dengan menggunakan herbal atau tanaman obat, seperti kunci pepet, daun sirih, temu putih, kunyit, temulawak, daun dewa, pegagan dan mahkota dewa. Sebelum menentukan tanaman mana yang akan digunakan atau mungkin dikombinasikan harus dipastikan dahulu penyebabnya lalu berkonsultasi dengan  herbalis yang bisa dipercaya.

Cara Menghilangkan Keputihan

Cara mengobati keputihan dengan bahan alami adalah seperti dibawah ini ;

Bahan : Tiga batang tanaman sambiloto

Cara membuat : tanaman sambiloto dicuci bersih allau dipotong-potong. Masukkan potongan tadi ke dalam empat gelas air dan direbus hingga tersisa dua gelas. Saring setelah airnya dingin.

Cara memakai ; Diminum tiga kali sehari dengan dosis tiga perempat gelas setiap kali minum. Jika perlu ditambahkan madu  secukupnya.

Cara menghilangkan keputihan secara alami adalah :

  1. Sambiloto
    Sambiloto selain digunakan dalam membantu menurunkan panas badan aatu demam dan juga mencegah terjadinya peradangan namun sambiloto ternyata juga bermanfaat baik dalam membantu cara menghilangkan keputihan.
    Cara membuat ramuan ini adalah : ambillah sekitar 3 batang sambiloto, kemudian cucilah sampai bersih dan setelah itu potong-potonglah. Setelah dipotong rebuslah dengan menggunakan 4 gelas air, kemudian tunggu sampai air rebusan yang tersisa adalah 2 gelas, dinginkan air rebusan tadi untuk diminum. Anda bisa menambahkan madu murni ke dalamnya untuk memberikan rasa manis alami. Lakukanlah hal ini 3 kali sehari dengan dosis minumnya adalah ¾ gelas dalam sekali minum.
  2. Daun sirih
    Sejak zaman dahulu kala daun sirih banyak digunakan oleh nenek moyang kita dalam mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan adalah sariawan, batuk, demam berdarah, penyakit asma dan lainnya. Namun manfaat lain dari daun sirih adalah membantu cara menghilangkan keputihan secara alami.
    Cara membuat ramuan daun sirih adalah : ambillah sekitar 10 lembar daun sirih, 1 ruas temulawak dan kunyit. Kemudian cuci dan setelah itu potonglah kecil-kecil, rebus dengan 1 liter air dan dibiarkan selama 15 menit. Air rebusan yang dalam keadaan hangat tadi digunakan untuk cebok vagina. Lakukanlah cara ini 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal dan optimal.
  3. Kunyit
    Kunyit merupakan salah satu jenis bumbu dapur atau bumbu masakan. Dan lazimnya kunyit digunakan untuk mengobati penyakit hati hepatitis, gangguan pada saluran pencernaan, sebagai obat anti tumor alami serta mengobati gangguan kesehatan yang lain. Harus Anda ketahui bahwa kunyit juga bermanfaat baik dalam membantu cara menghilangkan keputihan.
    Cara membuat ramuan kunyit untuk keputihan adalah : terlebih dahulu kunyit dikupas dan setelah itu dicuci. Peraslah air kunyit tadi dan kemudian ditambahkan dengan air asam serta larutan gula jawa. Setelah itu minumlah 2 gelas air ramuan ini dalam setiap harinya.

Selain dengan melakukan cara mengobati keputihan diatas, hal yang harus dilakukan adalah menjauhi diri dari stres. Mengelola stres dengan baik merupakan salah satu cara yang bisa memungkinkan Anda terlepas dari keputihan.

Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita




This entry was posted in Cara Mencegah Keputihan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>