Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

Keputihan disebut juga flour albus. Keputihan dikelompokkan menjadi dua. Pertama keputihan fisiologis, yaitu keputihan yang tidak disebabkan oleh penyakit namun karena perubahan faal tubuh. Kedua keputihan pathologis yaitu keputihan yang diakibatkan oleh penyakit tertentu. Keputihan fisiologis bisa timbul akibat adanya rangsangan seksual, perubahan hormonal menjelang dan sesudah menstruasi, saat kehamilan atau perubahan emosional tertentu. Misalnya, waktu ujian, sedang ada masalah atau apa saja yang bisa menimbulkan beban pikiran. Keputihan fisiologis ini tentu tidak berbahay. Biasanya juga menimbulkan keluhan kecuali rasa lembab di daerah pribadi. Sementara yang patologis di samping warnanya bisa kekuning-kuningan sampai  kehijau-hijauan biasanya juga menimbulkan rasa gatal, panas, bahkan nyeri. Cara menghilangkan keputihan pada wanita dapat dilakukan dengan cara alami. 

Penyebab keputihan adalah infeksi, benda asing, dan keganasan. Dengan demikian pemeriksaan laboratorium untuk menegakkan infeksi (trikomonas, kandida albikan, bakteri, spesifik) dan Pap smear untuk kemungkinan keganasan.   Keputihan biasanya sangat sering terjadi pada saat-saat menjelang haid, yang ditandai dengan keluarnya cairan lendir berwarna bening atau putih kekuningan, jernih, agak encer, dan tidak berbau dari kemaluan. Kadar pengeluaran cairan keputihan ini bervariasi sesuai dengan siklus haid seseorang dan dapat meningkat akibat stress psikis (ketidakstabilan emosi). Peningkatan kadar cairan keputihan tersebut dari vagina akan membentuk suatu koagulan (endapan) putih, yang dapat menimbulkan rasa gatal dan membakar permukaan dinding vagina serta menimbulkan kemerahan dan pembengkakan atau peradangan di dinding vagina (penyakit vaginitis). Keputihan yang sudah bersifat penyakit (patologis) ini biasanya ditandai dengan tampaknya cairan yang dikeluarkan dari vagina  berwarna kuning sampai hijau, keruh, lebih kental, dan berbau. Cara menghilangkan keputihan pada wanita dengan alami adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. 

Tanda/gejala keputihan yang serius , keputihan menjadi sesuatu yang serius  apabila :

  1. Keluar cairannya berlebihan seperti menstruasi
  2. Cairannya kental dan berbau busuk
  3. Berwarna kuning hingga kehijauan
  4. Meniimbulkan rasa gatal sekitar vagina
  5. Muncul rasa panas pada vagina.

Agar keputihan tidak menimbulkan masalah yang lebih serius, sebaiknya cara menghilangkan keputihan pada wanita adalah dengan  berkonsultasi ke dokter ahl kandungan agar bisa diobati secara medis. Selain obat medis keputihan bsia juga diobati dan dicegah secara alami dengan menggunakan herbal atau tanaman obat, seperti kunci pepet, daun sirih, temu putih, kunyit, temulawak, daun dewa, pegagan dan mahkota dewa. Sebelum menentukan tanaman mana yang akan digunakan atau mungkin dikombinasikan harus dipastikan dahulu penyebabnya lalu berkonsultasi dengan  herbalis yang bisa dipercaya.

Cara mengobati keputihan dengan bahan alami adalah seperti dibawah ini ;

Bahan : Tiga batang tanaman sambiloto

Cara membuat : tanaman sambiloto dicuci bersih allau dipotong-potong. Masukkan potongan tadi ke dalam empat gelas air dan direbus hingga tersisa dua gelas. Saring setelah airnya dingin.

Cara memakai ; Diminum tiga kali sehari dengan dosis tiga perempat gelas setiap kali minum. Jika perlu ditambahkan madu  secukupnya.




4 Comments

chiezkaMay 18th, 2013 at 4:08 am

saya,sukak keputihan,dan rasa nya gatal2 pada bagian ke wanitaan dan kadang agak berbau,bagaimana cara mengatasi keputihan tersebut!

chiezkaMay 18th, 2013 at 4:11 am

saya terkadang takut jika,keputihan tidak dapat di sembuhkan?

wenny dwi puspaMay 20th, 2013 at 4:37 pm

Gmana cara menghilangkan keputihan yg berbau , terus berwarna kuning

ita lestariDecember 6th, 2013 at 6:31 am

kalau memakai daun sirih.gmana caranya,???

Leave a comment

Your comment