Bebas dari Keputihan

Bebas dari Keputihan – Jika keseimbangan alami daerah sekitar vagina terganggu, organisme asing masuk, keputihan bisa terjadi. Beragam faktor dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya keputihan, antara lain panas dan basah akibat penggunaan pakaian dalam dari nilon, stres, diet tinggi karbohidrat, perubahan hormonal dan kehamilan atau penggunaan pil kontrasepsi, iritasi kimia, dan lainnya.

 Keputihan Pada Wanita

Pada umumnya wanita bersangkutan dapat merasakan tanda-tanda  antara lain gatal-gatal dan iritasi di daerah vagina dan vulva, bau yang tidak biasa, dan nanah.

Bebas dari Keputihan

Bebas dari Keputihan

Berikut ini beberapa saran yang dapat dilakukan agar Bebas dari Keputihan:

  1. Makan menggunakan metode gizi seimbang, rendah gula.
  2. Menjaga kesehatan secara umum dengan cukup tidur, berolahraga, melepaskan tekanan emosi.
  3. Menjaga kebersihan secara teratur dengan: bersihkan vagina dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus);  memakai pakaian dalam yang bersih dan dari bahan katun (bahan nilon terlalu menyimpan panas dan menimbulkan kelembaban berlebihan yang mendorong tumbuhnya bakteri); menghindari penggunaan cairan atau semprotan pembersih vagina, kertas toilet berwarna, dan handuk milik orang lain; sering mengganti pembalut saat haid.
  4. Yang utama dilakukan agar Bebas dari Keputihan adalah dengan menjaga kebersihan pribadi (personal hygiene), terutama organ reproduksi.
  5. Melakukan pemeriksaan sendiri daerah sekitar vagina sangat disarankan, supaya Anda segera tahu apakah ada infeksi atau tidak. Biasanya terjadi perubahan pada warna daerah sekitar vagina menjadi lebih merah, kadang disertai bau yang kurang sedap maupun rasa gatal.

Keputihan adalah salah satu masalah yang sering datang pada wanita. Keputihan bukan hanya bersifat tidak normal aja. Ada jenis keputihan yang normal yang hanya datang misalnya saat menjelang atau sesudah siklus haid, disaat terjadi rangsangan seksual, kehamilan, dan lainnya. Hal ini tidak berbahaya dan Anda tidak perlu mencari cara bagaimana cara menghilangkan keputihan. Namun, Anda harus melakukan cara menghilangkan keputiha jika yang Anda alami adalah keputihan tidak normal. Kebanyakan wanita mengalami keputihan tidak normal. Keputihan tidak normal ini beresiko untuk mengalami penyakit kanker serviks pada wanita. Itu mengapa sangat penting menjaga kesehatan organ intim vagina dengan baik.

Keputihan tidak normal diakibatkan karena terjadinya suatu infeksi yang bisa mengakibatkan terjadinya peningkatan resiko bayi lahir prematur pada wanita yang sedang hamil dan selain itu juga bayi juga akan terkena infeksi. Bayi yang mengalami infeksi pada virus akan beresiko besar mengalami masalah gangguan sistem pencernaan dan sistem pernapasan sehingga bisa beresiko fatal terjadinya kematian pada bayi. Selain itu, bayi yang mengalami infeksi akibat dari serangan bakteri juga bisa menimbulkan kebutaan pada bayi.

Penyebab Keputihan

Penyebab keputihan yang terjadi pada wanita bisa disebabkan karena beberapa hal dibawah ini:

  1. Parasit Trichomonas Vaginalis
    Hal ini ditularkan lewat hubungan seksual, lewat bibir kloset atau juga lewat perlengkapan mandi. Cirinya adalah cairan yang keluar dengan kental, warnanya kuning serta hijau dan berbuih serta baunya agak amis. Keputihan akibat dari parasit jenis ini tidak menimbulkan gatal, namun jika ditekan vagina biasanya akan terasa sakit.
  2. Bakteri Gardnella
    Jenis keputihan akibat infeksi bakteri Gardnella ini biasanya ditandai dengan ciri-ciri seperti warna abu-abu, agak encer dan bau yang agak amis serta berbuih. Untuk keputihan jenis ini  biasanya menimbulkan rasa gatal yang hebat dan juga sangat mengganggu.
  3. Virus
    Keputihan yang disebabkan karena serangan virus bisa disebabkan oleh penyakit kelamin misalnya seperti penyakit hiv aids, penyakit herpes serta conyloma. Muncul bintil pada kulit yang juga banyak diikuti dengan cairan yang baunya kurang sedap menandakan adanya serangan virus condyloma. Dan biasanya pada ibu hamil, mereka sering mengalami serangan keputihan untuk jenis virus ini. Virus ini juga bisa ditularkan lewat hubungan seksual yakni adalah virus penyakit herpes. Ciri atau tanda yang muncul adalah luka seperti melepuh pada sekitar lubang vagina, rasanya panas dan biasanya menimbulkan rasa gatal. Selain itu, kanker ulut rahim yang terjadi bisa menjadi sangat berbahaya untuk wanita yang dipicu oleh keputihan yang disebabkan oleh virus.

Cara Menghilangkan Keputihan

Cara menghilangkan keputihan secara alami adalah :

  1. Bersihkan alat intim Anda dengan menggunakan pembersih yang cocok dan tidak mengganggu kestabilan dari tingkat keasaman pada vagina Anda. Anda bisa menggunakan produk pembersih yang terbuat dari bahan utamanya susu. Produk yang terbuat dari bahan dasar susu ini bisa menjaga kadar keseimbangan pH yang seiimbang juga bisa membantu meningkatkan flora serta bakteri yang baik.
  2. Sebaiknya jangan menggunakan bedak atau juga bubuk yang bertujuan membuat vagina menjadi wangi atau membuat vagina menjadi kering. Bedak sangat kecil dan juga halus, hal ini malah akan membuat partikelnya menjadi terselip dan juga tidak bisa dibersihkan sehingga akan mengundang dari datangnya jamur yang ada di dalam vagina.
  3. Cara menghilangkan keputihan lainnya adalah dengan mengeringkan selalu vagina Anda setelah Anda mandi, cebok, atau juga saat Anda mencuci dan membersihkan vagina sebelum Anda berpakaian.
  4. Pakailah pakaian dalam yang kering. Cara menghilangkan keputihan dengan mengusahakan untuk mebawa celana dalam cadangan untuk berjaga-jaga disaat celana dalam Anda sudah lembab dan harus diganti.

Bebas dari Keputihan




This entry was posted in Cara Mencegah Keputihan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>